Mengulas Tentang Brand Fashion Dunia Asia Comme Des Garcons Berkonsep Anti Fashion

Kategori │fashion




Dalam perkembangannya, fashion yang berasal dari negara Paris, Perancis memang mengambil alih sebagian banyak gaya-gaya busana yang ada di dunia. Bisa dikatakan bahwa negara ini menjadi acuan utama mode dunia yang pertama kali, sampai kemudian bermunculan beberapa pelopor item fashion dari negara-negara lainnya yang kemudian membuat Paris sendiri juga sudah mulai agak tergeser, meskipun negara mode dunia sendiri juga masih dipegang oleh Paris, Perancis tersebut. Hanya saja memang sudah mulai bermunculan gaya-gaya baru yang lebih beragam dari beberapa kawasan lain, diantaranya adakah Asia sendiri, salah satu brand kelas dunia yang sangat terkenal dari kawasan Asia adalah Comme des Garcons bagi pecinta brand-brand high end tentunya tak asing lagi dengan nama yang satu ini.

Mengawali perjalanan karirnya, Rei Kawakubo yang menjadi pelopor lahirnya merk CDG ini mengawali karirnya pada tahun 1969, hingga kemudian di tahun 1970 ia sukses dalam mengeluarkan beberapa produk koleksinya di negara asalnya sendiri, yaitu masih berada di negara Jepang, hingga 11 tahun kemudian, tepatnya adalah pada tahun 1981, maka desainer ternama yang satu ini menggelar pertunjukan busana di Paris, mendapatkan apresiasi yang sangat besar dari dunia mode kala itu dan sukses melambungkan namanya ke kancah interaksional.

Jika melihat dari tampilan atau mode yang dianut sendiri memang agak unik dibandingkan dengan item fashion yang umum dijumpai di negara-negara lainnya, termasuk diantaranya juga Paris. Berikut ini setidaknya adalah beberapa ciri khas busana dari CDG yang cukup menggebrak fashion dunia dari negara Asia tersebut, diantaranya adalah:

1. Fenomena anti fashion, apa yang membuat gaya busana dari CDG ini dikenal juga sebagai anti fashion? Karena jika pada umumnya busana akan tampak rapi, maka berbeda dengan konsep yang dianut oleh Rei Kawakubo ini, karena ia sengaja membuat pakaian yang anti main stream, dengan konsep sobek-sobek ataupun ‘di hancurkan’ inilah yang membuat produk atau item fashion keluarannya dinamakan sebagai produk yang anti fashion. Karena memang bertolak belakang atau berkebalikan dari fashion dunia yang sudah ada sebelumnya, meskipun terbilang aneh, ternyata hal ini cukup menggebrak di pasaran dunia, banyak tertarik dengan fenomena anti fashion yang diberlakukan pada produk-produk atau desain keluarannya.

2. Lebih banyak bermain dengan fashion pria, jika kebanyakan desainer akan lebih mengutamakan item fashion untuk kaum hawa atau wanita, namun tidak dengan CDG ini, yang membuatnya unik adalah kebanyakan diantara ragam produk keluarannya ternyata ditujukan kepada item fashion kaum adam atau pria. Seri-seri produk yang dikeluarkan memang khusus menitikberatkan pada kau hawa, sehingga sampai dengan 30 tahun belakangan ini, dari kalangan pria sendiri banyak yang berbicara mengenai fashion dari CDG. Banyak yang tertarik dengan busana-busana keluarannya.



4. Belakangan ini dream fashion tersebut tak hanya dikenal di Jepang saja, melainkan lebih dikenal sebagai trend K-pop, pastinya tak asing lagi dengan gaya fashion yang ditularkan oleh hallyu ini bukan, dikenal juga dengan nama fashion K-pop, sebenarnya gaya-gaya yang diambil kebanyakan berasal dari produk CDG ini sendiri, mengingat kebanyakan mereka menggunakan endorse bukan dari bintang-bintang J-pop saja, melainkan menyesuaikan dengan konsep yang dianut, justru kebanyakan yang menjadi iklan untuk produk keluarannya adalah dari artis K-pop, tidak heran jika seandainya produknya juga lebih mendunia untuk kalangan remaja.

Jika dilihat dari perjalanannya, maka brand Comme des Garcons ini memulai dari yang anti main stream, namun kembali lagi ke jalan yang ‘lurus’ kebanyakan belakangan ini item fashion yang dikeluarkan memang lebih wearable untuk siapa saja, apalagi digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Maka penggunanya bisa tampil lebih menarik dan juga tampak normal, tanpa harus memakai pakaian anti fashion.

Khusus untuk Anda yang menggemari item fashion K-pop sendiri memang tak bisa dipungkiri jika seandainya produk keluaran dari CdG ini lebih banyak mengarah pada trend busana dari negeri ginseng Korea Selatan ini, sehingga bisa pilah-pilih yang terbaik untuk menunjang tampilan Anda. Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh item fashion keluaran dari brand yang satu ini jika dibandingkan dengan yang lainnya adalah:

1. Gaya-gaya yang dikonsepkan masih sesuai dengan budaya yang ada di negara Asia, satu hal yang membuat item fashion keluaran Rei ini lebih unggul dibandingkan dengan brand-brand yang lainnya adalah dari segi desainnya, karena kebanyakan model yang dikeluarkan benar-benar masih melihat kondisi budaya negaranya, yaitu Jepang hingga negara tetangga yaitu Korea, sehingga tidak bisa dipungkiri jika seandainya gaya busanya juga sangat mudah diterima di dalam negeri. Khususnya adalah produk yang wearable tersebut. Jadi untuk kebudayaan Indonesia sendiri masih ditoleransi, karena tidak terlalu terbuka.

2. Cocok juga bagi kaum hawa yang berhijab, meskipun bukan tergolong sebagai item fashion muslim, namun padu padan produknya, mulai dari kaos, kemudian hias ditambah dengan adanya outer, jaket, maupun juga beberapa item fashion panjang lainnya tetap bisa menutup penampilan, sehingga tidak asing lagi jika seandainya banyak diantara kpok pers berhijab yang juga tetap bisa tampil gaya dengan gaya-gaya fashion CDG ini.

3. Bahan yang nyaman digunakan, kualitas bahan yang dipakai untuk ragam produk pakaian maupun celananya tak bisa dipungkiri adalah bahan-bahan pilihan yang berkualitas tinggi. Sehingga tentu bukan jaminan nyaman saja, melainkan juga daya tahannya, bisa dipakai untuk waktu yang lama tanpa mengurangi kualitasnya, meskipun sering dicuci.

4. Sangat cocok untuk anak muda, sebagian besar diantara produk keluarannya memang dikonsepkan khusus untuk kalangan anak muda, para remaja hingga usia 30an. Sehingga jika ada yang mengatakan bahwa brand fashion terkenal hanya ditujukan untuk orang dewasa hingga tua sebenarnya salah, karena produk branded CDG ini ternyata khusus mengeluarkan produk untuk kalangan anak-anak dan juga remaja juga, bukan hanya orang tua.

Jika Anda ingin membeli produk keluarannya sekarang ini juga kian mudah, tak harus datang ke negara asalnya, di Indonesia sudah ada beberapa gerai dari brand Comme des Garcons (dapat anda beli via online di Bobobobo), hanya saja tidak di semua kota, Anda tetap bisa membelinya secara mudah lewat situs online resminya.



  •